Fenomena Keajaiban Twitter


Image by techcrunch.com


Kalau kalian orang yang sering on twitter, mantengin Timeline terus, pasti sering kalian lihat tweet seperti meminta perhatian kalian untuk menolong seseorang atau beberapa orang, atau yang sering kita lihat itu biasanya tweet yang diawali dengan kata “Twitter please do your magic”. Pasti kata tersebut sudah tidak asing lagi dan sering kalian lihat di Timeline Twitter. Tweet tersebut biasanya berisi rasa respect terhadap seseorang yang kemudian disusul kata kata yang seperti kita harus turut menolong orang yang disebutkan di tweet tersebut, atau tweet yang berisi soal betapa bantuan kita sangat diperlukan untuk orang yang ada di tweet tersebut.

Bagiku tweet yang seperti itu sangat bermakna sekali. Seringkali aku takjub dengan tweet tweet seperti itu. Di tweet tersebut hanya berisi kata kata sederhana saja yang mengajak kita untuk menolong mereka yang membutuhkan bantuan, tetapi dampak dari tweet tersebut besar sekali. Pasti kalian sering melihat banyak retweet dan likes dari tweet tersebut. Replies-nya juga pasti tidak kalah banyak dan beberapa balasan dari orang orang sungguh tidak terduga. Orang orang yang membalas tweet tersebut turut membantu mereka. Awalnya tweet tersebut hanya tweet biasa, tetapi kemudian banyak orang yang membantu menyebarkan dengan cara meretweet dan like tweet tersebut, dan membalas tweetnya dengan bertanya tanya soal orang yang disebutkan di tweet tersebut. Lalu lama kelamaan tweet itu mendapat banyak perhatian.

Orang orang yang disebutkan di tweet ini biasanya yaitu orang yang tidak berkecukupan. Di dunia nyata orang orang tersebut jarang diperhatikan karena lingkungan sekitarnya yang tidak memerhatikan mereka, tapi dengan keajaiban dari twitter, hanya karena satu orang saja yang peduli dengan mereka, kemudian dia menyebarkan bahwa mereka membutuhkan bantuan dengan cara mentweet soal masalah mereka, satu orang yang peduli dengan mereka ini kemudian bertemu dengan banyak orang orang baik yang peduli juga dengan mereka. Ini benar benar “The power of social media”.  Sekejap mata orang orang baik di seluruh penjuru dunia atau nusantara berbondong bondong untuk membantu mereka. Internet benar benar menjadi jembatan bagi kita dan orang orang luar yang tidak kita kenal.

Seperti contohnya tweet dibawah ini. Sebelumnya pemilik akun ini adalah anak dari ayahnya sendiri. Yang kemudian dia ganti nama akunnya menjadi nama toko ayahnya. Ayahnya memberi nama Billy’s Donut, nama Billy diambil dari nama anaknya sendiri. Walaupun disitu tidak disebutkan “Twitter please do your magic”, hanya ada kata sederhana yang mengatakan bahwa ayahnya sedih karena tidak ada pengunjung yang datang di toko donat mereka yang baru. Dari tweet tersebut, orang orang mulai merasa bersimpati kepada ayahnya. Ayahnya telah bekerja keras tapi tidak ada pelanggan di tokonya. Tweet tersebut kemudian di retweet dan di likes beberapa kali, dan orang orang mulai mereply tweet tersebut dengan menunjukkan rasa simpati mereka kepada ayahnya. Tidak lama setelah itu, satu persatu orang mulai menanyakan alamat tokonya, dan disusul oleh orang orang yang bergerombol datang untuk mengunjungi tokonya sampai ramai.


Karena masih banyak orang yang menanyakan dimana alamatnya dan kapan waktu tokonya buka sampai tokonya tutup, kemudian Billy melanjutkan tweet berisi informasi soal toko ayahnya sehingga membentuk sebuah Thread. Disitu juga tak lupa Billy mengucapkan terima kasih kepada orang orang yang sudah membantu meramaikan toko ayahnya. Bisa dilihat disitu ayahnya tersenyum senang sekali. Benar benar menyentuh hati.



Kemudian beberapa orang yang mereply tweet tersebut berkomentar soal betapa enaknya donat yang dibuat oleh ayah dan ibunya, betapa ramahnya mereka disambut oleh kedua orang tua Billy dan pelayanan mereka yang memuaskan pelanggan, serta betapa hebatnya dampak dari media social yang dapat membantu usaha ayahnya Billy, dan komentar komentar positif lainnya.




Jika kalian ingin membaca lebih lengkap soal tweet Billy diatas, bisa kunjungi link ini Billy's Donut Tweet. Aku sungguh kagum dengan Billy dan respon netizen yang berkomentar. Billy yang membantu menyebarkan toko ayahnya yang sepi, dan juga netizen yang membantu meramaikan serta menyebarkan informasi toko ayah Billy.

Sosial media benar benar tempat yang pas untuk menyatukan orang orang baik di seluruh dunia. Hanya dengan beberapa retweet dan likes, tweet yang berisi membutuhkan perhatian seperti diatas langsung disambut dengan hangat. Memang isinya hanya tweet biasa, tapi dampaknya sungguh luar biasa. Untuk kalian, jangan pernah lelah untuk menyebarkan kebaikan kepada semua orang, berilah pertolongan kepada sesama dan saling membantu. Sungguh, tidak ada ruginya untuk berbuat baik. 


Post a Comment

0 Comments